JAKA SEMBUNG

Akhir-akhir ini saya selalu kepikiran dengan kisah silat klasik, jujur sebelum saya menggarap komik saya ini, saya sudah sangat kesengsem dengan kisah-kisah silat klasik dari hongkong seperti Legend of The Condor Heroes dan kelanjutannya. Bahkan saat saya kecil saya juga sering membaca kisah silat klasik Indonesia yang kebetulan saya dapat di rental komik dekat rumah saya.

Dari sekian banyak kisah silat klasik tersebut yang paling teringat oleh saya adalah kisah si Jaka Sembung karya komikus terkenal Indonesia Djair, (disamping karena namanya ini paling sering digunakan untuk pantun....."Jaka sembung bawa golok.......gak nyambung ******") juga karena cerita ini sudah pernah difilmkan dengan aktor utama Barry Prima (ayo ada yang tahu gak siapa dia?????). Kisahnya sendiri masih berbau patriotisme melawan penjajah Belanda.

Pada zaman penjajahan Belanda, Jaka Sembung alias Parmi merupakan jawara sakti Kandanghaur. Ia memberontak atas ketidakadilan Belanda yang mengharuskan para tawanan bekerja paksa. Untuk menumpas Jaka Sembung, Belanda mengadakan sayembara. Jawara sakti Kohar kalah disusul Si Hitam yang memiliki ajian Rawarontek yang membuatnya tak bisa mati bila tubuhnya menyentuh tanah.

Usaha Jaka Sembung akhirnya berhasil berkat bantuan pacarnya, Surti yang meninggal. Maria anak komandan setempat, tidak setuju dengan sikap ayahnya, memberi ajian pada Jaka Sembung dan menyembuhkan kebutaan Jaka dengan “mencangkokkan” mata Surti.

Tapi saat ini sepertinya komik seperti ini tenggelam oleh komik yang mengambil genre lebih ke masalah modern atau masa kini. Untuk saya hal tersebut merupakan sebuah kemajuan tersendiri dimana tema dan kisah sebuah komik di Indonesia sudah mulai lebih beragam (komik lokal, tidak termasuk manga atau komik import lain). Ayo maju terus KOMIK INDONESIA.........arrraaaaggghhh..........masih belum bisa menggambar.....hik...hik...hik....

17 comments:

  1. hm.........pengen bikin komik silat sendiri!!!!! haaaaaaahhhhhhh...........banyak maunya juga saya ya!?!?!?!?!

    ReplyDelete
  2. ayo buat!!1
    btw bli, keboo belon pernah baca komik indo nih, hoho.. emang dimana nyarinya?

    ReplyDelete
  3. rasanya ak ingat waktu it nonton filmnya, tpi lupa lupa ingat bagaimana...

    btw, baca judulnya kukira in humor :P

    ReplyDelete
  4. Barry Prima?? aku tauuuu!! hehehe... hayo.. dicoba buat bli,, semangaatt!!

    ReplyDelete
  5. jaka sembung?
    hihi...ayo dibuat om...kali bisa saingan sama si Yoko :P

    ReplyDelete
  6. waduh mas lucu dech blognya. Kunjung balik ya

    ReplyDelete
  7. ayo na, buat komiknya, capek ah, nulis "MAJU TERUS KOMIK INDONESIA"
    mendingan..
    :: AYO BUAT KOMIK, BLI JHONI! :: lebih cocok tuh...

    ReplyDelete
  8. lama aku gak nggambar... mati kali ya kemampuannya..-__-"

    ReplyDelete
  9. tangannya msh sakit ya bli??
    blom ada gambar terbaru nich hehehe...

    ReplyDelete
  10. sobt... saya sangat dukung ukt pembuatan komik tokoh lokal... banyak banget tuh yg bisa diangkat...... :D

    ReplyDelete
  11. Jaka Sembung naik ojeg....gak nyambung oueeyyy

    Yg aku ingat tentang jaka sembung adalah Barry prima sama Eva arnaz...bener gak ya Eva arnaz....atw jgn2 selingkuhannya Jaka sembung....ckckckckckckck

    ReplyDelete
  12. Jitak dulu ah

    Kabuuuuuuuuuuurrr

    ReplyDelete
  13. Ayo dong buat komiknya Bli...
    Pasti keren... Semangat !!

    ReplyDelete
  14. Aku masih inget dg Barry Prima kok... BTW, kalau gak salah dalam suatu film Barry Prima berperan sbg wanita ya..? hahaha, gak kebayang deh...

    Ups.. komennya kok jadi menyimpang jauh nih.

    ReplyDelete
  15. iya ya sampai sekarang saya jarang ketemu komik lokal.....padahal saya suka baca komik.....
    yang sering baca komik luar deh...coba ada komik lokal sebagus luar pasti jadi bommerang pasar komik...komik lokal pasti maju :D

    ReplyDelete
  16. untuk semua..........amin deh semoga bisa saya kerjakan!!!!!!

    ReplyDelete
  17. wah ini mah bacaan saya waktu SMP ..
    keren ceritanya, gak kalah ama komik sekarang
    harusnya di release ulang tuh komiknya

    ReplyDelete

Untuk sobat blogger yang sudah koment disini, maaf jika belum bisa berkunjung, tapi komentnya pasti akan saya balas di blog ini kok......SUERRRRR!!