SELENDANG BIRU

Dari sekian banyak tema komik yang beredar di tanah air ini, tema mengenai dunia persilatan tetap menjadi tema favorit saya, (mungkin karena kadang terdapat nama julukan dari pendekar yang bersangkutan yang luar biasa keren). Dan komik ini adalah salah satunya, bagi teman-teman yang berminat ini dia sedikit ulasan ceritanya;


Kisahnya sendiri berawal ketika hujan yang begitu derasnya, dan petir menciptakan keajaibannya di sekitaran puncak gunung Ciangkup. Kejadian alam itu menimbulkan jejak misteri, berupa sebongkah batu bertatahkan sebilah pedang pusaka. Dan menurut Ki Dukun Smaramaning orang kepercayaan Dayang Ririwa, padang itu hanya bisa dimiliki dan terbebas dari tatahan batu jika dilakukan persembahan (tumbal) 7 darah perawan. Dan dari sinilah penculikan-penculikan terhadap perawan desa sekitaran terjadi, semuanya untuk memenuhi keinginan menguasai pusaka yang masih beku di batu hasil dari kejadian alam itu.

Secara bersamaan Rahayu (si Selendang Biru) yang sedang bertualang bertemu dengan seorang nenek sakti yang cucunya, Indang Geulis, menjadi korban penculikan anak buah Ki Dukun Smaramaning, yang berwujud siluman (Jebul dan Jembross).

Di tempat lain, kekasih Jaka Melanting, Rada Denok yang merupakan adik dari Sangkanwani, juga mengalami nasib yang sama. Rara Denok di culik dengan cara siluman Jebul berubah wujud menjadi kekasihnya, Jaka Melanting, dan menjemputnya lalu menculiknya. Kondisi ini sempat menimbulkan perselisihan antara Jaka Melanting dengan kakak Rara Denok, Sangkawani. Kondisi ini pulalah yang membawa mereka pada petualangan pencarian Rara Denok. Dan dalam perjalanannya bertemu dengan pendekar Selendang Biru, Rahayu.

Dalam kisah ini pula diceritakan secara kilas balik asal usul Dayag Ririwa, yang sempat dikaitkannya dengan pendekar masa lalu, Bayu Jaga, saudara angkat Mandala si Siluman Sungai Ular. Rupaya bagian inilah simpul pertemuan dari kisah Si Selendang Biru dengan Mandala. Cara mempertemukan dengan cerdik dua kisah besar menjadi satu alur pertalian benang merah.

Judul : Selendang Biru : Tumbal
Penulis : MAN (Mansyur Daman)
Penerbit: Penggemar Cergam dan Naskah Cergam Indonesia
Cetakan : Pertama, Desember 2008
Tebal : 136 Halaman
Ukuran : 14,5 cm X 20,7 cm
Kriteria : Cerita Silat
Harga: Rp 60.000



Wah gambar komik yang menurut saya pribadi sangat indah! gambarnya begitu luwes, dengan gaya penggambaran sangat Indonesia sekali, dan tehnik bertarung yang tergambar seolah kita menonton adegan demi adegan di depan TV. Lalu siapakh komikus yang demikian hebat ini???

MAN, mungkin nama ini asing bagi telinga kita, tapi bagi pencinta komik JADUL (jaman dulu). MAN adalah salah satu komikus yang begitu rajin berkarya, banyak sudah juduk-judul kisah komik telah disahasilkannya. Sebut saja, serial Braja dalam 5 judul petualangannya (Hantu Selaksa Racun, Braja, Setan Catur, Jodoh di Grojogan Sewu, dan Rahasia Setan Catur). Dari kisah ini kembali melahirkan kisah sempalan; Dewi Lenjar dan Ratu Pantai Utara. Dan banyak lagi sudah karya-karya dihasilkan dari kepiawaian tangan seorang MAN.

Bagi teman- teman yang berminat bisa membeli secara online komik ini di Amartapura.com atau di Anelinda-store.com. Yah untuk saat ini mungkin pendistribusian komik ini tidak bisa seperti komik jepang yang diimport tersebut, tapi dengan dukungan teman-teman semoga saja komik Indonesia juga bisa ikut meramaikan rak-rak buku yang ada di toko-toko buku besar di Indonesia, sehingga kita semua bisa menikmati karya anak bangsa dengan lebih mudah. Cintai produk dalam negeri dan Maju KOMIK INDONESIA!!!! wasalam!!!

Sumber dari Damuh Bening

16 comments:

  1. indonesia bgt nih komik ... kereennn..

    ReplyDelete
  2. 40rb ya Kang harganya? beli-enggak beli-enggak beli-enggak...

    enggak aja deh... heheee...

    ReplyDelete
  3. persilatan...

    hmm,,gimana kalo bikin komik naruto versi indo,,??

    ReplyDelete
  4. cerita silat diangkat mungkin karena banyak adegan serunya yang bisa menjadi gambar yg menarik

    ReplyDelete
  5. Akang Jhoni.. *jitak
    Kapan buat komik?
    Ho oh, komiknya keren.. hahaha.. saya juga pecinta komik nomor satu.

    ;)

    ReplyDelete
  6. gambarnya ada alus"nya gitu Om?
    keren juga

    ReplyDelete
  7. komik made in lokal nih seru abis pastinya y sob

    ReplyDelete
  8. Aku lebih suka gambar komik Indonesia daripada gambar Komik Jepang...
    Komik Sri Asih dicetak ulang gak ya..?

    ReplyDelete
  9. gambarnya sih keren bli, ngingetin aku sama komik berseri di majalah bobo

    ReplyDelete
  10. keren2 gambarnya....
    salut sama yang buat..

    ReplyDelete
  11. Jadi bingung mo beli yang mana...yang kemarin z belum sempat ke toko .....
    Menarik infonya...ada info komik lainnya gak...

    ReplyDelete
  12. hello how are you? May I join follow-up ?????................

    ReplyDelete
  13. blue scarf, itu lebih enak dibaca *otak ga cinta dalam negeri*

    ReplyDelete
  14. baca Manga Komik Naruto One Piece Bleach Fairy Tail Hunter X Hunter Detective Conan Bahasa Indonesia Chapter Terbaru Online Gratis|Mangacan

    http://mangacan.blogspot.com/

    http://mangacan.blogspot.com/2010/03/manga-comic-naruto-indonesia-online.html

    http://mangacan.blogspot.com/2010/03/manga-comic-one-piece-indonesia-online.html

    http://mangacan.blogspot.com/2010/03/manga-comic-bleach-indonesia-online.html

    http://mangacan.blogspot.com/2010/03/manga-comic-fairy-tail-indonesia-online.html

    http://mangacan.blogspot.com/2010/03/manga-comic-hunter-x-hunter-indonesia.html

    http://mangacan.blogspot.com/2010/03/manga-comic-detective-conan-indonesia.html

    http://mangacan.blogspot.com/2010/06/download-software-free-best-collection.html

    http://mangacan.blogspot.com/2010/06/tutorial-download-manga-raw-dan.html

    http://mangacan.blogspot.com/2010/03/download-anime-one-piece-indonesia.html

    ReplyDelete

Untuk sobat blogger yang sudah koment disini, maaf jika belum bisa berkunjung, tapi komentnya pasti akan saya balas di blog ini kok......SUERRRRR!!