SEMANGAT KOMIK NDONESIA!!!!!

Tahukah teman-teman bahwa di jepang ternyata sangat sulit untuk menemukan komik-komik buatan Amerika seperti Superman ataupun Batman. Di antara komik Amerika, yang lumayan laris di Jepang adalah serial Peanuts (cerita si anjing Snoopy) saja.

Sementara komik Prancis, yaitu Bande Dessinee (BD), terutama karya Moebius atau Enki Bilal yang berpengaruh besar pada komikus Jepang, misalnya Otomo Katsuhiro (pengarang "Akira"). Sedangkan untuk komik Amerika sangat sedikit peredarannya.

Di Indonesia, Elex Media Komputindo sebagi anak perusahaan Gramedia sendiri sepertinya lebih memilih untuk menerbitkan komik import, dan sebagian besar dari itu adalah komik Jepang. Hm......jika seperti ini, dimana porsi komik Indonesia ya??? Walaupun begitu kebanjiran oleh komik Jepang, tetapi yang beredar di Indonesia masih sebagian kecil dari komik Jepang yang terbit di negerinya dan kebanyakannya komik yang sudah impor ke Indonesia cuma untuk anak saja.

Jika menanyakan di bagian mana komik Indonesia, mungkin hanya dibawah 5 % dari komik yang terbit di tanah air adalah komik buatan lokal. Jadi bagaimana cara agar komik lokal mendapat tempat di hati masyarakat kita?, apakah seperti cara yang dilakukan oleh orang Jepang didalam negerinya tersebut, yaitu dengan membatasi distribusi untuk komik import, sehingga nantinya para pembaca komik mulai membaca dan belajar menyukai komik buatan Indonesia sendiri. Ataukah harus memberi kuota terhadap komik yg harus diterbitkan di tanah air, misalkan bahwa jika dari seluruh komik yang diterbitkan di Indonesia tersebut, 50 % adalah harus karya lokal dan sisanya adalah import!

Tapi kemudian siapkah para komikus kita? Dengan menerima “kepercayaan” yang begitu besar dari penerbit berarti tanggung jawab juga menjadi besar baik untuk penyelesaian dan kontinuitas karya. Sekali lagi kita harus melihat semangat para komikus jepang yang selalu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan tanggung jawab dan dedikasi tinggi! Dan ini adalah PR yang sangat besar sekaligus tantangan bagi para insan komik indonesia.

Ayo semangat dan majukan KOMIK INDONESIA!!!

NB: ada award yang diberikan kang sugeng......salah satu blogger favorit saya......ini dia awardnya;


Thank kang semoga pertemanan ini bisa berlangsung selamanya!!!!
Share:

16 comments:

  1. kemaren smpet di liput Trans7 tuh bli, jadi ikutan semangat hkhkhk...

    ReplyDelete
  2. Ambil posisi dulu....

    Pertamaaaaaxxxxx.....

    ReplyDelete
  3. Iya...ya dimana jadinya komik Indonesia....

    Semangat dunk, lihat negri jepang contoh mereka, jangan pada malas...kalo malas kapan majunya....

    ReplyDelete
  4. bagaimana klo komik indo difilmkan juga kek komik jepang? rata rata komik terkenal jepang ad serial kartunnya

    ReplyDelete
  5. yuhuu.. smangat untuk komik indonesia...

    keren awardnya....

    ReplyDelete
  6. wew,, bener juga kata mbak nchi kalo ada filmnya gituh mungkin bisa lebih mudah dikenal komik indonesia ini... soalnya promosi gede2an perlu banget kayaknya,, secara kita udah terlalu lama dan sering dicekoki ama komik2 jepang...

    ReplyDelete
  7. @joe........masa jo?!?! yah saya kok gak nonton ya!?!?!?! minta siaran ulang bisa gak yah!?!?

    @osi.......kedua tuh os wkwkwkwwk!!!....AYO dengerin kata bu instruktur...SEMANGAT!!!!

    @chi....gyah....bikin komik ja masih perlu banyak belajar chi gimana pilemnya......prematour banget kali ya
    untk insan film no hard felling ok!!

    @bang ais......iya bang ayo semangat!!!

    @yolizz.......kalo promosi kali perlu........tapi pilem wah masih perlu belajar juga deh kitanya!!!......tapi tetap semangat!!!!

    ReplyDelete
  8. Waaaahhhh Semangat ya para komikus Indonesia... (bener ga ya komikus)... kenapa ya negara kita suka kayak nggak pede gitu sama kemampuan anak bangsa....

    ReplyDelete
  9. Aku ga suka kok komik Jepang... aku lebih suka komik Indonesia... Semangat komikus Indonesia.. (ikutan mbak ninneta.. hehehe)

    ReplyDelete
  10. Mungkin alasannya, cerita komik Indo hanya seputar kisah masa lalu aja Kang, coba kalo cerita yg ditampilkan diganti kisah2 percintaan, kisah2 anak muda jaman sekarang, pasti akan sedikit lebih menarik.

    Wuaaaah.... makasih ya Kang, udah mau majang award sederhana dari saya, hiks... jadi terharu menjadi blogger favoritmu.
    Semoga persahabatan ini abadi, amin.

    Tinggal seorang yg belum mgambil yaitu Gek dianary.

    Gek... Kang Sugeng kangeeeeen bngt sama kamu..!!

    ReplyDelete
  11. minta komik dong!!!hiks2 ngak punya komik nih

    ReplyDelete
  12. aku pernah baca review komik yang judulnya tomat.. tapi lupa penerbitnya siapa bli..



    uhuhu... bikin penerbit ndiri aja yuk, komikus indonesia..!

    ReplyDelete
  13. semangat!!!
    buat gambar bagus
    buat cerita menarik
    jalankan pemasaran/perkenalan
    semoga komik Indonesia makin jaya

    ReplyDelete
  14. sukses terus untuk komik karya anak bangsa...selamat tahun baru yah...

    ReplyDelete
  15. aku sementara deactivate facebook bli.. nanti kalo gambar di blognya udah muncul berarti udah aktif lagi :D

    ReplyDelete
  16. bli jon, hepi nu year yaa... semangad komix indonesia.... redakan batuk di semua kalangan B-)

    ReplyDelete

Untuk sobat blogger yang sudah koment disini, maaf jika belum bisa berkunjung, tapi komentnya pasti akan saya balas di blog ini kok......SUERRRRR!!

Random Post

Popular Posts

Follow by Email