KOMIK INDONESIA.........Komikus Indonesia Kelas Dunia

Sebenarnya ini adalah berita yang sudah agak lama terjadi, tapi saya baru sadar setelah tanpa sengaja saya membaca sebuah artikel di tabloid Nyata (langganan isri saya), mengenai Ardian Syaf seorang pria asal Tulungagung yang ternyata sukses menembus industri komik kelas dunia seperti Marvel dan DC Comic.

Aan (panggilan Ardian) berambisi untuk menjadi seorang komikus sudah sejak lama, oleh sebab itu pula ia menolak tawaran untuk menjadi pegawai UM Press di Malang! Aan sempat beberapa kali mengirimkan karya berupa gambar dan cerita kepada beberapa penerbit di Jakarta tapi selalu tidak mendapatkan tanggapan. Beruntung kemudian Aan mendapatkan informasi dari salah seorang temannya mengenai banyaknya lowongan sebagai komikus untuk diluar negeri, kemudian Aan membuka situs www.digitalwebbing.com, sebuah situs yang membuka lowongan untuk para artis komik untuk di seluruh dunia.

Dari sinilah kemudian, setelah menirimkan beberapa karyanya Aan mulai dilirik oleh para penerbit komik diluar negeri salah satunya adalah Alex Cross seorang pemilik penerbit komik independent di Amerika. Namun untuk saat itu Aan tidak mendapat bayaran yang besar, sampai kemudian ia bergabung dengan Dable Brother dan berhasil mendapat kontrak untuk 5 tahun sebagai seorang penciller dan mendapat uang $1000 diawal kontrak dan $100 untuk setiap lembar gambar yang dihasilkannya. Karya yang dikerjakan oleh Aan adalah The Dresden Files 11 jilid yang merupakan kisah tentang seorang penyihir di jaman modern atau saat ini. Karena sebagai seorang penciller maka cerita sepenuhnya berasal dari pihak lain (dalam hal ini Jim Butcher) Aan tinggal menggambar sesuai dengan naskah yang dikirimkan kepadanya, karena isi naskahnya sangat detail termasuk mengenai data tokoh yang harus digambar maka menurutnya ia tidak mendapat kesulitan untuk menggambar sesuai dengan kemauan dari pihak publisher. Jika ada yang tertarik untuk membeli komik karya Ardian Syaf The Dresden Files bisa mengklik link ini.

Untuk proses pengerjaannya Aan selalu mendapat kiriman kertas bristol, yaitu kertas khusus yang dikirimkan oleh Dable Brother untuk menggambar komik yang diinginkan, setelah selesai menggambar Aan akan mengirim email untuk dikoreksi, dan jika disetujui maka barulah obyek gambar dikertas tersebut dikirimkan ke penerbit di Amerika sana.

Ternyata komik Dresden Files mendapat sambutan yang luar biasa di Amerika, sehingga mulai menarik perhatian publisher komik besar seperti Marvel dan DC, sehingga sampai saat ini Ardian masih tetap eksis untuk bekerja sebagai komikus indonesia yang berhasil mendapat tempat dalam industri komik dunia khususnya untuk komik superhero yang menjadi ciri khas komik Amerika. Saat ini Aan berada di bawah naungan agency yang bernama Nutopia, sebuah agency untuk para komikus dunia.Nah di DC Comic inilah Aan menjadi fill in artis dan mendapat bayaran $200 perhalaman, dan kemudian menjadi artis utama untuk komik Batman, The Balckest Night sebanyak 3 seri dengan bayaran $238 perhalaman durasi kontrak 2 tahun(komik Batman, The Balckest Night terbit berturut-turut di bulan Agustus, September dan Oktober untuk 1-3)



Nah untuk saat ini bagaimana dengan industri komik tanah air sendiri??, sepertinya industri komik kita yang masih sangat tidak bersahabat dengan para komikusnya, sehingga para tangan berbakat ini lebih memilih eksis di luar negeri. Tapi tetap kita teriakkan maju terus KOMIK INDONESIA. luv piss!!

8 comments:

Post a Comment

Untuk sobat blogger yang sudah koment disini, maaf jika belum bisa berkunjung, tapi komentnya pasti akan saya balas di blog ini kok......SUERRRRR!!