KOMIK INDONESIA M&C Koloni Gelombang I

Posting kali ini saya ingin membicarakan masalah KOLONI (Komik Lokal Indonesia), ya ternyata M&C punya "gawe" dengan meluncurkan secara serentak beberapa komik buatan lokal (8 komik) termasuk salah satunya adalah komik Garudayana yang karangan Is Yuniarto.
  
Hal ini merupakan berita positif untuk insan komik tanah air sebab ditengah terjangan arus komik import (khususnya manga) masih ada penerbit yang mau menggandeng komikus lokal untuk ikut meramaikan dunia perkomikan indonesia, yang nantinya diharapkan akan membangkitkan gairah baru dalam dunia komik indonesia dengan para komikus lokal sebagai pemerannya!

Dan komik-komik itu antara lain;


Morte
Author : Ekyu Studio
Genre : Horor – Misteri, Rating R
Jumlah halaman : 128 hal, jilid barat
Ukuran : 112 x 176 mm
Summary
”Seorang kakak perempuan dibantu sahabat barunya harus menelusuri sebuah rumah tua berhantu di sebuah kota kecil demi mencari adik perempuannya yang hilang, sebelum rumah tersebut menahan mereka di sana untuk selamanya.”


Garudayana (Yang ini sudah pernah kita bahas disini)
Author : Is Yuniarto
Genre : Shounen Action! – Rating R
Jumlah halaman : 128 hal, jilid barat
Ukuran : 112 x 176 mm
”Ada sebuah legenda di dunia Arcapada, tentang dia yang bergelar Gaganesvara, sang raja langit. Angin memujanya. Halilintar ditaklukkannya. Para naga lari dari hadapannya... dan inilah kisahnya...”


Satu Atap
Author : Azisa Noor
Genre : Roman – Komedi, Rating R
Jumlah halaman : 128 hal, jilid barat
Ukuran : 112 x 176 mm
“Saat tiba di Bandung, Putri mengira hidup di rumah kost akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan. Tapi lain lagi ceritanya kalau semua penghuni kost-kostannya ternyata bukan manusia! Dari anak setan penggoda yang mencari cinta sejati, peri hutan yang suka main cowok, sampai manusia harimau jenius yang judes, rumah kost itu pun membawa Putri kedalam bermacam-macam petualangan dan kisah cinta yang aneh.”


Hopper
Author : Galang Tirta Kusuma
Genre : Action anak-anak – genki style (penuh semangat), Rating SU
Jumlah halaman : 128 hal, jilid barat
Ukuran : 112 x 176 mm
”Kisah tentang seorang (seekor) semut pekerja yang menghadapi berbagai bahaya dan misi dari koloni semutnya, untuk membuktikan diri menjadi semut petarung”


Best Friends
Author : Gita Juwita
Genre : Roman – Shoujo, Rating R
Jumlah halaman : 128 hal, jilid barat
Ukuran : 112 x 176 mm
"So Be thankful when it comes in to your life, no riches nor diamond, but the love of true friends ."
Komik ini bercerita tentang persahabatan tiga cewek, tema yang sangat dekat dengan remaja (putri khususnya). Di dalamnya ada kisah jatuh cinta, patah hati, pedekate, dan tentunya pahit manisnya persahabatan. Secara halus, ringan dan asyik, kisah-kisah di dalamnya mengingatkan pada pembaca untuk lebih menghargai, mensyukuri dan menjaga persahabatan yang telah ada. Karena selain keluarga, sabahatlah yang akan mengulurkan tangannya saat kita terjatuh, menyediakan pundaknya saat kita menangis, memarahi saat kita berbuat salah, berjuang bersama di saat susah dan tertawa saat kita bahagia bahkan menyelamatkan kita saat dalam bahaya.
So Be thankful when it comes in to your life, no riches nor diamond, but the love of true friends.


My Ghost Sister
Author : Ida Ariyanti
Genre : Shoujo – romance, Rating R
Jumlah halaman : 128 hal, jilid barat
Ukuran : 112 x 176 mm
”Kisah seorang anak SMA, laki-laki, yang harus berhadapan dulu dengan hantu kakak pacarnya, sebelum dia bisa berpacaran dengan tenang”


Flower Rhapsody
Pengarang : Dwiyani Christy
Rating : Remaja
Jumlah halaman : 128 hal, jilid barat
Ukuran : 112 x 176 mm
"Kumpulan kisah cinta berbeda, yang disatukan oleh sebuah toko bunga nan inspiratif."


Alsa
Pengarang : Onnie Krisnayana
Rating : Remaja
Jumlah halaman : 128 hal, jilid barat
Ukuran : 112 x 176 mm
"Kisah seorang anak perempuan yang harus memilih antara kehidupan cinta yang sempurna dan keselamatan seluruh dunia".

Nah itu tadi adalah sedikit cerita dan cover dari 8 komik lokal yang telah diterbitkan oleh M&C, dan semoga saja hal seperti ini dapat terus berlanjut kedepannya, sehingga tidak hanya sampai di gelombang I ini saja tapi terus berlanjut sampai dengan seterusnya. Harga dari masing-masing komik tersebut adalah Rp. 12.500, jadi untuk teman-teman yang berminat dapat langsung membeli bukunya di toko buku Gramedia terdekat! Karena saya sudah membeli 3 buku Garudayana, Morte dan Satu Atap! Dan menurut saya komik ini layak menjadi koleksi, dan untuk yang membuat diharapkan terus berkarya menghasilkan karya yang lebih baik lagi!! Maju terus KOMIK INDONESIA

PS: Sangat menyebalkan karena mouse PC saya sampai saat ini tidak berfungsi, tidak merespone sama sekali padahal keyboardnya baik-baik saja, saat saya ganti dengan mouse lainnya ternyata tidak berhasil juga, tetap tidak ada response, dan ini sudah terjadi sejak hari jum'at kemaren!!! Sehingga sekarang biasanya saya OL menggunakan laptop istri yang tentu saja jadi menggangu pekerjaan istri saya!!! BTW teman2 ada yang tahu solusinya ndak ya??? hehehehe.......need help nih!?!?!

8 comments:

  1. mungkin komputernya minta ganti baru pak Jon..

    ReplyDelete
  2. Udah kebeli smua tuh judul-judul di atas ^^ (akibatnya langsung abis deh gaji bulan itu -_-!) Tapi cerita-ceritanya nggak mengecewakan.. Aku pribadi paling suka sama "Satu Atap" ^^

    ReplyDelete
  3. @jun benar kali jun ya.....

    @shu erin........iya ceritanya ringan dan santai, saya suka garudayana karena ada adegan duel (biasalah........heheheheh)

    ReplyDelete
  4. hehehe sudah lama tak mengkonsumsi dan mengikuti dunia perkomikan, katrokz yak
    btw mas, dsini gudangnya maouse, silakan dcuba saja satu2 sapa tau ada yg cucok:p

    ReplyDelete
  5. Halah... wong Komik Indonesia kok teknik nggambarnya Manga..... gak main lah....!!
    Cobalah hai pemuda-pemudi Indonesia yang berbakat nglukis.... carilah jatidiri kalian dalam manifestasi gambar kalian....
    Kita ini dah pernah dijajah Jepang selama 3,5 tahun...mosok dalam nggamabr kita mo dijajah juga....waaaaa... sadar dong, ayo bangkit....!!!

    ReplyDelete
  6. @mba wendy........okeh segera ke tkp!!!!

    qiqiqiq wah ni mas/mba "anonymous" ada-ada ja........masa komik dihubungkan dengan masalah penjajahan!!!!.......tapi kalo masalh gambar tergantung kembali pada para komikusnya........tapi tehnik manga itu memang menurut saya sebuah fenomena lho, ini terbukti mempengaruhi bahkan industri komik di amerika sana, bisa di lihat kok artikel maupun gambarnya di google pasti banyak bertebaran!!!!

    ReplyDelete
  7. bagus nih, satu lagi blog tentang komik2 KOLONI...
    saya minta izin copaz link blognya, ya Om :D...

    ~ONI

    ReplyDelete
  8. menurut saya yg paling bagus,Garudayana
    selain cerita yg temax unik&berbeda,alur serta para tokoh sangat unik.tokoh2x pux ciri khas sendiri2 begitu jga ama bagong,petruk dan lupa 1x.wajah mreka kyk misterius namun kocak...

    klo satu atap,alur ceritax cepet bgt,kisah cintax jga udah ketebak ntar si tokoh utama pasti dijodohin ma manusia setan yg itu (bwt yg blom bca,sebaikx bca biar ngerti)serta masing2 tokoh kurang ditonjolkan,& habis bca,rasax terlalu singkat... -_- 12.500 untuk buku tipis2

    ReplyDelete

Untuk sobat blogger yang sudah koment disini, maaf jika belum bisa berkunjung, tapi komentnya pasti akan saya balas di blog ini kok......SUERRRRR!!