KOMIK INDONESIA......"WHAT STYLE?"

Saya pernah mendengar teman saya dikantor yang saya tunjukan gambar saya berkata bahwa gambar saya sangat mirip dengan gambar komik jepang, sehingga tidak mencerminkan gambar komik indonesia.

Jujur saat itu saya jadi bertanya pada diri sendiri benarkah hal tersebut. Lalu seperti apa gambar komik indonesia tersebut (apakah seperti yang di buat RA Kosasih), karena sungguh dari saya kenal komik dan jatuh cinta yang saya kenal itu adalah komik Dragon Ball buatan Akira Toriyama. Tanpa mengurangi rasa hormat apakah untuk membuat komik di tanah air kita harus terpaku pada gambar yang dibuat oleh RA Kosasih dalam komik wayangnya yang sangat terkenal?
Saya sempat surfing di internet dan menemukan gambar ini


Ini adalah gambar komik yang mengambarkan jagoan komik indonesia, tapi tetap saya lihat gambar tersebut terpengaruh oleh gaya gambar komik luar (komik dari marvel atau dc comic).
Kemudian saya berpikir seperti ini, bahwa sebenarnya tidak ada pembatasan kita untuk menggambar menuangkan ide kita menjadi sebuah komik, yang ada bahwa gaya menggambar kita cenderung untuk mengikuti pola gambar dari komik yang sudah ada terdahulu (baik itu manga ataupun komik barat), hal ini kemungkinan karena pengaruh dari diri kita yang menyenangi gaya menggambar dari artis komik tertentu (seperti saya yang sangat mengagumi Akira Toriyama), sehingga mempengaruhi gaya kita dalam menggoreskan garis gambar diatas kertas.
Tetapi menurut saya apapun bentuknya sebuah komik tetap dapat dinikmati oleh seluruh orang terlepas dari gaya menggambar yang kita hasilkan. Karena komik adalah salah satu bahasa universal untuk menyampaikan pesan dari pengarang pada pembacanya.
Share:

7 comments:

  1. ini mah gambarnya asli DC banget style nya, MRVEL juga...

    hmmhh... ga salah dunk kalo kita juga pake style manga japan,

    tar juga kita bakal punya style khas indo,

    manga jepang juga dulu adaptasi dari komik luar kan???

    ReplyDelete
  2. Bener tuh saya setuju.. dan kalau enggak salah, saya pernah baca bahwa untuk finishing komik2 Manga jepang itu dulunya dibuat oleh studio komik yang berbasis di Bali.. saya lupa namanya.. tapi kalau mau mebuktikan, coba liat tampilan arena "pertarungan sejagat" yang menyerupai wantilan di Bali. atau desain awan kinton yang menyerupai gambar awan di wayang kulit.. tapi emang sih untuk menemukan ciri komik khas Indonesia memang susah.. ga bisa seperti manga yang bisa kita tau langsung berasal dari Jepang.. atau gaya Marvel dan DC... hmmm... ayo boss pelopori gaya asli Indonesia...

    ReplyDelete
  3. setujuh sayyah...

    komik indonesi tu...
    klo menurut penerawangan saya...
    ya yang dibikin wong indonesia...

    itu aja...

    ReplyDelete
  4. yup, betul.
    komik indonesia, ya komik yang dibikin orang indonesia.
    Masalah style indonesia sudah banyak didebatkan di banyak forum. sebenernya ga ada yang ori di sini, komik marvell dan DC stylenya riil, meniru bentuk asli manusia.
    Kemudian style jepang juga sebenernya hasil adaptasi dari style2 barat sebelumnya.
    gambarku aja udah pasti stylenya jepang, karena waktu belajar dulu yang banyak ditiru adalah gambar2 DRAGON BALL juga, hehe kita sama....

    ReplyDelete
  5. Kalau menurut saya kak:
    Kita (komikus Indonesia) memang terpengaruh dengan komik luar. Namun, mungkin dan mudah-mudahan, komik kita bisa ber-evolusi dengan sendirinya sehingga menjadi komik yang memiliki ciri khas...

    ReplyDelete
  6. dhe jug asuka akira toriyama.. kwkwkwk
    btw.. selama dhe kenal komik made.. prasaan dhe ga miriplah penggambarannya dengan komik jepang. bener kuq!

    ReplyDelete
  7. komik indonesia yg memang indonesia itu tengok saja yang di koran koran
    seperti figur
    DOYOK
    BENY & MICE
    INDONESIA BANGET TUH

    ReplyDelete

Untuk sobat blogger yang sudah koment disini, maaf jika belum bisa berkunjung, tapi komentnya pasti akan saya balas di blog ini kok......SUERRRRR!!

Random Post

Popular Posts

Follow by Email