KOMIK INDONESIA........CERITA SILAT TANAH AIR

Sekitar satu sampai satu setengah dekade lalu, sangat banyak cerita dalam bentuk novel tentang pendekar ditanah air yang beredar, ambil contoh Wiro Sableng karangan Bastian Tito (sumpah saya penggemar berat novel ini).


Menurut saya penggambaran cerita novel ini sangat berciri Indonesia banget, cerita khas pendekar-pendekar dengan padepokan ataupun petualangannya di kota-kota di Indonesia, karena itu saya sangat ingin mengangkat dalam bentuk komik. Saya pernah mencoba untuk surfing di internet tapi tidak dapat menemukan gambar sang pendekar dalam bentuk komik.

Kalau Si Buta Dari Gua Hantu ada gambar komiknya dan sepertinya ada juga yang ingin me-remake untuk membuat ulang komik klasik tersebut, bahkan gambar Jaka Sembung dalam versi baru juga dapat saya temukan.

Tapi kenapa ya belum ada satupun komik dengan judul pendekar Indonesia yang saya lihat terpajang di rak toko buku mulai dari toko di pinggir jalan sampai sekelas Gramedia.

Apakah karena memang komiknya belum terbit karena belum ada komikus yang mengajukan atau karena cerita seperti ini tidak ada yang mau menerbitkan ya??

Satu lagi PR untuk insan komik tanah air!!
Maju terus KOMIK INDONESIA

4 comments:

  1. kynya di indonesia pengaruh jepang dalam dunia perkomikan besar banget ya? Tapi sy masih inget komik sawung kampret karya pak dwi koen... indonesia bgt tuh :) trus komik strip benny+mice itu juga indonesia bgt :)

    ReplyDelete
  2. iya-ya saya suka benget tu sama sawung kampret tapi kok gak terbit lagi kyknya ya
    ntu kali kalo dibuat komik satu bendel kyknya bagus ya.....

    ReplyDelete
  3. dan panji koming pun sangat bagus .... mungkin kalo jaman sekarang kyak benny & mice.... jujur saya juga menantikan komik pahlawan dari Indonesia .. atau sistem reboot bisa dipakai untuk mengubah cerita pahlawan yang sudah ada ....

    ReplyDelete
  4. Saya berharap penerbitan komik baik superhero Indonesia ataupun pendekar pendekar silat Indonesia jadul bisa diremake atau dicetak ulang kembali mengingat sebenarnya alur cerita yg merakyat dari budaya rakyat yg tak kalah serunya dari komik luar. Dalam hal ini pemerintah juga bisa memberikan subsidi kepada para penerbit agar komik karya anak bangsa bisa dijangkau harganya dgn murah oleh pencinta komik khususnya pecinta komik ditanah air sehingga komik Indonesia bisa menjadi tuan rumah dan jagonya komik ditanah air sendiri...Adakah usulan lain?...

    ReplyDelete

Untuk sobat blogger yang sudah koment disini, maaf jika belum bisa berkunjung, tapi komentnya pasti akan saya balas di blog ini kok......SUERRRRR!!