KOMIK VS MANGA

Siapa yang td kenal tokoh dalam komik Dragon Ball, atau saat ini Naruto, Bleach dan masih banyak lagi komik lain yang berasal dari negeri matahari terbit. Ya saat ini hampir seluruh anak di negeri kita mengenal tokoh-tokoh ini, ditambah lagi dengan disiarkannya serial anime oleh tv swasta kita, maka makin terkenal saja tokoh komik ini.

Haaah….!!!!! Terkadang ingin banget seperti para komikus jepang ini yang bisa berkarya dan dikenal oleh seluruh dunia, saya pernah melihat beberapa situs ataupun komik yang dibuat oleh para komikus tanah air, dan saya lihat dari segi gambar ataupun cerita tidak kalah dengan komik buatan jepang tersebut. Tapi kenapa tidak ada yang bisa minimal menyamai ketenaran dari komik tersebut. Apakah hal ini dikarenakan sulitnya para komikus tanah air untuk menembus percetakan besar seperti elex media, dikarenakan ketidakpercayaan mereka pada kualitas komik dan komikus-nya di tanah air, ataukah memang kualitas komik dan komikus kita yang sulit untuk bersaing ditengah maraknya komik luar yang beredar di masyarakat kita.

Kalau menurut saya pribadi kesulitan para komikus kita kebanyakan adalah karena mereka mengerjakan semua perihal komiknya sendiri mulai dari ide, sket, hingga akhirnya finishing semua dikerjakan sendiri, ini terkadang menyulitkan konsistensi para komikus dalam mengerjakan komik mereka. Bandingkan dengan para komikus luar seperti jepang, dimana mereka mengerjakan komik yang mereka buat secara kelompok (studio), mungkin memang ini perbedaan profesionalitas.

Kalau jaman dulu komik yang saya ingat itu komik wayang karya R A Kosasih, kalau sudah membaca komik karya beliau tersebut saya bisa seharian di tempat tidur lupa makan dan main, hahaha padahal komik tersebut tidak pernah saya beli tapi nyewa dari rental komik didekat rumah.

Saya pribadi juga sangat tertarik dengan dunia “komik-mengomik” seperti ini karena pada dasarnya saya sangat suka menggambar, dalam blog inipun saya post-kan beberapa gambar karya saya. Saya sendiri sebenarnya menyimpan keinginan agar bisa menerbitkan komik atau menjadi kartunis, tetapi jalan menuju kesana terasa begitu jauh dan berliku, sehingga saya hanya bisa mencurahkan karya saya di blog ini saja. Yah!! Paling tidak masih ada penyaluranlah buat hobi saya ini.

Oh ya saya pernah melihat di suatu situs tentang komik di bandung yang memberikan pelajaran membuat komik secara gratis buat anak-anak, salut buat kalian semua yang memprakarsai situs tersebut, masih ada yang peduli dengan perkembangan komik di negeri ini. MAJU TERUS KOMIK INDONESIA!!!!

Salam hangat……….penulis

0 comments:

Post a Comment

Untuk sobat blogger yang sudah koment disini, maaf jika belum bisa berkunjung, tapi komentnya pasti akan saya balas di blog ini kok......SUERRRRR!!

Random Post

Popular Posts

Featured Post

JUSTICE LEAGUE TRAILER

Akhirnya DC siap menabuh genderang perang dengan Marvel, dengan dirilisnya film Justice League yang akan tayang di bulan November ini, yak ...

Blog Archive

Total Pageviews

Follow by Email