"COMIC" DAN INTERNET

Saya pernah melihat sebuah artikel yang menarik mengenai masalah komikus indonesia di sebuah situs, saya copykan sebagian artikel tersebut:
“Mengendalikan Bisnis dari Rumah
Kamis, 7 Agustus 2008 | 15:40 WIB
Oleh Amir Sodikin

Dari kawasan gang sempit yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua, tepatnya di Jalan Pancoran Barat, Jakarta Selatan, anak-anak muda yang kreatif sibuk membuat karya komik. Sebagian mengerjakan order komik untuk penerbit komik ternama di Amerika Serikat dan Kanada. Bagaimana bisa begitu? Internet kuncinya!

Dengan bendera rumahwarna, illustrations comics and design, Suryo Nugroho dan kawan-kawannya bisa eksis di dunia penerbitan komik tanpa harus memiliki kantor mentereng lebih dulu. Sampai kini, kendala bisnis yang dia geluti adalah susahnya menembus penerbit Indonesia untuk membuat komik buatan sendiri.

Namun, kehadiran internet telah membuat mereka terhubung secara cepat dan efisien ke calon-calon klien potensial mereka di seluruh penjuru dunia. Setidaknya ini bisa menjadi pelipur lara sambil menunggu penerbit Indonesia untuk membuka hati.

Kami sudah lama mengerjakan komik-komik dari Amerika Serikat dan Kanada, awalnya dari tawaran sebuan agensi di Amerika Serikat yang tertarik melihat karya-karya komik kami di internet, kata Suryo Nugroho yang lebih dikenal sebagai Injun.

Penerbit biasanya hanya memiliki cerita dan belum menentukan karakter-karakter tokoh di dalamnya. Pekerjaan Injun dan para komikus adalah menafsirkan cerita teks ke dalam gambar. Kami mengajukan karakter tokoh-tokohnya, melalui beberapa tahap, biasanya mereka oke dengan desain kami, katanya.

Setelah semua desain disetujui, rumahwarna akan mengirim karya lengkap itu dengan resolusi rendah ke penerbit di luar negeri. Setelah pembayaran dilakukan, baru kami mengirim karya resolusi tinggi, katanya.

Hasil karya berupa gambar anak-anak Indonesia kini sudah diakui dunia. Lewat teknologi internet, yang sekarang sudah menjadi teknologi sederhana, siapa pun yang kreatif akan menemukan dunianya dan bisa bekerja di mana saja tanpa batas.....”

Ada dua hal utama yang saya tangkap dari artikel diatas yaitu yang pertama bahwa kemampuan komikus Indonesia tidak kalah dengan komikus asing. Sebab para publisher komik dari Amerika saja memanfaatkan jasa para komikus dari Indonesia untuk menggambar komik mereka. Meskipun belum ada komikus Jepang yang memanfaatkan karya anak negeri (sepengetahuan saya belum). Yang menjadi pertanyaan kenapa publisher komik di Indonesia tidak ada yang berani untuk mengayomi atau mencoba menjadikan komik Indonesia sebagai obyek “garapan” yang utama? Padahal publisher luar saja mengakui kemampuan para komikus lokal.

Kemudian poin yang kedua adalah bahwa ternyata internet dapat digunakan sebagai media untuk mempromosikan hasil karya kita ke pada dunia, dibawah ini kelanjutan dari artikel diatas;

“Untuk memulai bisnis tersebut, mereka bisa dibilang tak memerlukan modal awal. Mereka juga tak langsung membuat website berbayar sendiri. Dimulai dengan ide sederhana, yaitu hanya dengan menaruh contoh-contoh karya komik mereka di fasilitas gratis Flickr.com, mereka sudah terhubung dengan dunia.

Permulaan yang mereka tempuh tidaklah rumit, tidak juga terlalu hi-tech. Sederhana dan sering dilakukan anak-anak sekolah atau orang awam yang baru berkenalan dengan dunia internet.

Kami bekerja jarak jauh, semua tahapan proses dilakukan melalui internet. Kami tidak kenal mereka, mereka juga tidak kenal kami, kuncinya hanya saling percaya, kata Injun.....”.

Ini adalah berita baik bagi para komikus yang ingin mempublikasikan atau mempromosikan karyanya, sebab melalui media internet siapapun bisa mengakses komik kita termasuk para publisher komik baik yang ditanah air ataupun yang diluar negeri.

Jadi para komikus tanah air ayo tetap semangat berkarya jangan menyerah, selalu ada jalan untuk mencapai tujuan.....untuk para publisher komik sering-sering surving di dunia maya, karena akan makin banyak karya anak negeri yang akan menghiasi layar komputer malalui website atau komunitas tertentu, dan jangan ragu untuk menerbitkannya karena, mulailah untuk mempercayai produk dalam negeri.

MAJU TERUS KOMIK INDONESIA!!

Share:

0 comments:

Post a Comment

Untuk sobat blogger yang sudah koment disini, maaf jika belum bisa berkunjung, tapi komentnya pasti akan saya balas di blog ini kok......SUERRRRR!!

Random Post

Popular Posts

Follow by Email